Romhie's

Teknik Pertambangan UMI Makassar

  • Berlangganan

  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

  • Meta

  • Top Rating

Teknik Pertambangan UMI Makassar

Posted by romhie pada April 7, 2010


Dengan terbatasnya Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta yang membuka Jurusan Teknik Pertambangan, khususnya Program Studi Teknik Eksplorasi dan banyaknya SDA yang dapat diolah di Indonesia Bagian Timur (IBT), maka Fakultas Teknologi Industri UMI mengembangkan Ilmu Keteknikasn di bidang Pertambangan dengan membuka Program Studi Teknik Eksplorasi. Jurusan ini diharapkan dapat memberikan kemampuan terhadap lulusannya untuk melakukan survey, eksplorasi terhadap sumberdaya mineral dan energi, yang selanjutnya siap untuk diolah dan dikembangkan.
Sejumlah Mega Proyek dan Perusahaan di IBT yang menantikan tenaga-tenaga profesional di bidang pertambangan..

Indonesia merupakan salah satu negara dengan sumber daya alam yang sangat melimpah. Sekitar 81% sumber daya di Indonesia diperkirakan berada di Indonesia timur. Hal ini memberikan kesempatan besar untuk memanfaatkan sumberdaya alam tersebut bagi kemakmuran masyarakat. Di dalam usaha untuk memanfaatkan sumber dayaalam untuk kemakmuran dan pengembangan diperlukan usaha pertambangan. Hal ini berhubungan dengan kompleksnya industri tambang yang mempunyai resiko sangat tinggi. Sebagai industri yang padat teknologi, padat sumber daya dan juga memiliki resiko yang sangat tinggi menjadikan industri tambang menjadi sangat kompleks.
Kompleksnya industri tambang membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang dianggap cakap dan memiliki visi dan misi untuk terlibat langsung dalam industri pertambangan. Seorang ahli pertambangan diharapkan memiliki kemampuan dan profesionalisme dalam bidang pekerjaan tambang dan mempunyai kepekaan dan kreativitas tinggi didalam mencari dan memecahkan masalah di industri tambang serta mempunyai kepedulian untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan. Hal ini sejalan dengan visi dan misi yang dicanangkan dalam tujuan pendidikan HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK PERTAMBANGAN UMI MAKASSAR.

4 Tanggapan to “Teknik Pertambangan UMI Makassar”

  1. arizal said

    salam lestari betul banget apalagi sekarang prospek buat SDM di bidang pertambangan sangat dibutuhkan,terbukti dengan senior2 saya yang telah alumni langsung mendapatkan kerja dan posisinya sangat baik menurut saya..
    maju terus MAHASISWA PERTAMBANGAN BUKTIKAN KALAU KITA ADALAH ENGINEER2 YANG DAPAT DIPERHITUNGKAN DI MATA PERUSAHAANTAMBANG TERKEMUKA KHUSUSNYA DI INDONESIA

  2. ime said

    terkadang memang kita perlu memberi pengertian seperti ini pada khalayak betapa pentingx pertambangan bagi indonesia…dan olehx itu banyk hal yg harus diselami hingga tak menimbulkan fitnah terhadap industri hulu yg mnjadi penopang perekonomian indonesia…
    salam tambang…

    ime (perhimpunan mahasiswa pertambangan indonesia)

  3. Anugrah Dini said

    Semoga dgn adanya Teknik Pertambangan di UMI, dapt menghasilkan SDA yang terlatih pada bidangnya masing2…

Tinggalkan komentar